Info Penting Buat Anda


INFORMASI BAGI ANDA YANG BARU PERTAMA KALI NAIK PESAWAT

Dahulu Saya pertama kali naik pesawat terasa asing dan kelihatan bingung banget untungnya Saya ditemani sama Ibu Saya tercinta yang sudah sering naik pesawat. Waktu itu tugas Saya adalah hanya mengikuti Ibu kemanapun beliau pergi sambil membawa barang yang dibawa buat oleh dan disitu termasuk koper baju. Pertama kali Saya berangkat sama Ibu menuju Balikpapan kebetulan saudara Saya tinggal di Tenggarong, Kutai Kartanegara jadi bandara yang terdekat adalah di Balikpapan. Maka yang Anda lakukan pertama kali berdasarkan pengalaman Saya ketika masuk bandara adalah.

  1. Membeli tiket pesawat dan pastikan hari, tanggal, dan waktu keberangkatanya serta Nama calon penumpang harus sesuai KTP.
  2. Bawa tiket Anda dan tunjukkan kepada petugas ketika Anda masuk di pintu keberangkatan
  3. Kemudian ada pemeriksaan barang bawaan menggunakan X-Ray untuk bawaan berupa tas, jaket, dll ke conveyer atau roda berjalan yang akan membawa masuk tas Anda. Kemudian Anda masuk di bagian pemeriksaan metal detector, setelah Anda diperiksa ambil barang bawaan Anda yang telah diperiksa oleh X-Ray.
  4. Kemudian Anda menuju counter yang ditunjuk maskapai untuk konfirmasi, lihat counter yang menunjukkan jenis maskapai yang Anda akan naiki berikut dengan jurusanya di monitor diatas counter.
  5. Setelah menemukan counter tersebut, Anda menyerahkan tiket pesawat yang Anda beli dengan disertai KTP, kemudian menyerahkan barang yang akan ditaruh di bagasi pesawat untuk ditimbang dan dilebeli oleh petugas. Di counter tersebut Anda diharuskan membayar Airport Tax sebesar Rp. 40.000 setiap calon penumpang.
  6. Setelah Check In Anda mendapat Boarding Pass yang menunjukkan Anda berangkat menuju pintu berapa untuk menunggu keberangkatan dan mengetahui dinomor berapa tempat duduk Anda di pesawat nanti.
  7. Sebelum masuk ruang tunggu keberangkatan barang bawaan Anda akan dicek kembali seperti point ke 3 dan petugas menanyakan boarding pass Anda.
  8. Setelah ada panggilan naik ke pesawat serahkan boarding pass Anda kepada petugas untuk di diambil dan copy-anya akan dikembalikan pada Anda kembali, hal ini menunjukkan Anda sudah diregistrasikan dan siap untuk berangkat menuju ke jalur keberangkatan hingga sampai ke pesawat.
  9. Ketika di pesawat silahkan Anda bertanya pada pramugari apabila Anda masih binggung dengan nomor kursi sesuai yang ada pada boarding pass Anda.
  10. Ikuti instruksi pramugari dan pesawat siap tinggal landas.
  11. Setelah mendarat ikuti jalur keluar dan menuju ke lokasi pengambilan bagasi
  12. Setelah mendapatkan barang anda silahkan mencari jalur pintu keluar bandara
  13. Tetap hati-hati dan waspada terhadap orang yang menawarkan jasa antar dan pilihlah yang menurut Anda terpercaya. Info lebih lanjut tanyakan kepada petugas yang berseragam.

Demikian info yang bisa saya berikan berkenaan alur naik pesawat di bandara. Namun aturan ini tidak jauh berbeda dengan bandara-bandara yang ada di Indonesia karena yang Saya gunakan ini adalah pengalaman Saya ketika di Bandara Juanda Surabaya dan sedikit berbeda dengan Bandara Soekarno Hatta Jakarta maupun Bandara Sepinggan Balikpapan, namun pada intinya sama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca. Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s