Proposal Bisnis


Contoh Proposal Bisnis merupakan tulisan yang berisi tentang penawaran atau penjualan yang bertujuan dalam menjelaskan kepada pembaca sehingga memperoleh suatu tujuan yang lebih detil dan akhirnya diperoleh persamaan visi dan misi maupun tujuan.

Berikut Bagian terpenting dalam contoh proposal bisnis. Penjabaran mendetail dengan tujuan utama penulis terhadap pembacanya. Penjelasan mengenai proses dan bagaimana mencapai tujuan penulis terhadap pembacanya.
hasil dari proses yang telah diuraikan dicapai tujuan yang diinginkan oleh penulis dan juga oleh pembaca.

Berikutnya adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis contoh proposal bisnis.

1. Penulisan harus Jelas Singkat dan Padat.

Ketika orang memulai membaca proposal, pembaca tidak memiliki gambaran tentang bisnis yang diajukan. Maka dari itu dalam penulisan proposal ajak pembaca kedalam proses. Kerjakan dari awal yang jelas dan sederhana. Buat poin poin yang akan ditampilkan. Mulai dengan gambaran menyeluruh dan ikuti bagian bagian yang lebih detail. Perlu diingat, bahwa dunia bisnis selalu mengikuti perkembangan, sehingga penyampaian secara singkat dan tepat pada sasaran merupakan hal yang diharuskan.

2. Komposisi Penulisan harus Lengkap

Susun proposal dengan informasi pendukung dan buat secara lengkap meliputi: PROFIL USAHA, LOKASI, SDM, PERHITUNGAN RUGI LABA, STRATEGI BISNIS dan KETERANGAN lain yang dirasakan perlu untuk dimasukkan ke dalam proposal. Dalam pelaksanaan usaha maupun bisnis kelengkapan mengenai informasi pesaing dan peluang pasar sangat dibutuhkan.

3. Gunakan argumen yang baik dan benar.

Dalam menyusun Contoh Proposal Bisnis Kembangkan susunan fakta dan argumentasi terbaik yang kita muliki, berikan satu tema khusus untuk digunakan dalam penekanan. Arahkan pembaca untuk menuju jalur pada suatu kesimpulan yang diajukan supaya layak untuk ditindak lanjuti. Kebenaran proposal sangat dipengaruhi oleh pembuat. Jangan sampai penyusun menyembunyikan informasi yang dirasa kurang menguntungkan. Bila pada suatu waktu diketahui ketidakbenaran proposal, nama baik dan kredibilitas penyusun sangat dipertaruhkan. Maka dari itu dasar utama dari bisnis adalah kepercayaan, karenanya kepercayaan adalah sesuatu yang sangat mahal.

4. Posisikan diri Anda sebagai pembaca.

Tempatkan diri anda dalam posisi pembaca dan pikirkan argumen yang akan diajukan. Jujur dalam menghadapi hambatan sehinga menumbuhkan suatu bentuk kepercayaan terhadap kita.

5. Gunakan Gambar, Grafik, SmarArt, Shape, Tabel Data, Rumus Perhitungan, dll sebagai pendukung secukupnya

Dalam menyusun contoh proposal bisnis yang baik adalah tidak seharusnya dipenuhi dengan gambar yang banyak, gunakan seperlunya saja. Jelaskan gagasan yang dapat menghidupkan proposal Anda kepada pembaca supaya lebih fokus terhadap sesuatu selain hanya berupa kata-kata maupun kalimat. Pastikan bahwa gambar yang anda lampirkan adalah bagian dari tema proposal Anda. Pemberian gambar dibuat dalam bentuk yang menarik sehingga orang lebih mudah dalam memahami proposal dengan hanya membaca konsep dari gambar.

6. Jangan terlalu berlebihan dan hindari penggunaan bahasa yang tendensius

Kredibilitas penyusun proposal bisnis disini sangat ditentukan. Hindari kalimat yang berlebihan dalam memberikan pernyataan terhadap proposal bisnis Anda dangan bahasa yang kurang dimengerti atau bahasa elit. Teliti kembali bentuk kesalahan cetak maupun bentuk susunan dan kalimat, serta berikan penegasan pada kata atau kalimat yang ingin ditonjolkan.

7. Sesuaikan dengan perkembangan zaman

Pada umumnya bahwa perkembangan tidak sebatas hanya pada ilmu dan teknologi saja, melainkan juga terhadap nilai nilai dan perkembangan pranata yang dianut oleh masyarakat. Dalam penyusunan contoh proposal bisnis keakuratan data pendukung sangat diperlukan.e Harapanya setelah orang membaca proposal anda, orang lain menjadi yakin dan menyetujui proposal yang anda buat.

Selanjutnya jika kita sudah memahami hal hal dasar yang harus diperhatikan dalam penyusunan sebuah proposal bisnis yang sudah dijelaskan di atas. Maka saatnya Anda bisa menyusun proposal tersebut sekarang.

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s