Rekonstruksi Pemikiran : Sebuah Catatan Pembuka Menuju Pendidikan Transformatif


Image

Sebuah upaya untuk menciptakan manusia Indonesia yang sempurna, baik dalam dimensi spiritualitas, intelektualitas, maupun tanggung jawab sosialnya, merupakan cita-cita mulia pendidikan nasional yang dinyatakan dalam UU Sisdiknas. Sekaligus merupakan sebuah tujuan yang akan mampu diraih dengan menerapkan sistem pendidikan yang ada. Akan tetapi proses untuk mewujudkan tujuan tersebut tentu akan mendapatkan tantangan yang besar. Tak pelak lagi salah satu tantangan besar yang harus dihadapi oleh bangsa bangsa Indonesia adalah adanya proses globalisasi. Suatu proses makin transparannya batas-batas antar negara akibat kemajuan teknologi komunikasi. Selain itu jelas tidak hanya muncul dalam satu bidang, namun diberbagai bidang terutama pada bidang budaya dan ekonomi.

Pada bidang budaya, kemajuan teknologi komunikasi telah membuat batas negara tidak mampu membendung masuknya paham, budaya dan gagasan-gagasan asing yang terkadang dalam hemat kita tidak cocok dengan paham, budaya dan gagasan yang ada yang ingin kita lestarikan di Indonesia. Hal itu juga diperparah dengan semakin hebatnya persaingan antarbangsa di bidang ekonomi dan teknologi yang semakin ketat dan seperti biasanya, hanya mereka yang kuat menguasai aset ekonomi dan teknologi yang akan memenangkan persaingan.

Tantangan yang kedua adalah terjadinya sebuah pergeseran masyarakat Indonesia dari masyarakat agraris menuju masyarakat Industri. Ini akibat kemajuan pembangunan nasional yang sebenarnya memang kita usahakan. Akan tetapi pergeseran di bidang ekonomi ini pada gilirannya nanti akan mengakibatkan perubahan cara kerja, cara berpikir, dan nilai-nilai yang selama ini masih dan sedang berlaku di Indonesia. Sebagian masyarakat mungkin dengan adanya pergeseran ini sedikit mengagetkan atau bahkan mencemaskan, terutama bagi mereka yang tidak berubah dan tidak menginginkan perubahan. Untuk merespon aneka perubahan yang ada di masyarakat, pendidikan menempati posisi yang signifikan dan strategis. Tentu saja yang dimaksud ini adalah model pendidikan yang dilakukan secara sadar dan terencana dengan baik dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan konteks zaman yang dihadapinya.

Sudah barang tentu dalam konteks zaman sekarang ini yang menjadi persaingan ketat adalah persoalan ekonomi dan iptek, sehingga pendidikan akan berperan penting dalam mewujudkan suatu bangsa supaya tetap bertahan hidup (survive) dan siap bersaing dengan bangsa lain. Oleh karena itu, dengan melihat berbagai problematika tersebut, baik secara internal maupun eksternal, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hal ini patut dipandang sebagai maslah-masalah signifikan yang harus dihadapi dunia pendidikan kita, sehingga reformasi pendidikan tidak lagi dilakukan secara adhoc dan parsial. Dengan kata lain, reformasi pendidikan harus dilakukan dengan cara atau secara menyeluruh, baik pada tingkat konsep maupun praktik, tidak lagi adhoc dan incremental seperti yang terjadi pada masa silam.

Bahkan lebih daripada itu, reformasi pendidikan juga perlu mengembangkan sejumlah kebijaksanaan makro ataupun mikro dalam rentang jangka panjang, menengah, dan pendek. Bahkan seorang presiden pun pada dasarnya mempunyai tugas pokok mengantarkan Indonesia dalam transisi damai menuju demokrasi dan dia sepatutnya mengambil afirmative action untuk memastikan berhasilnya reformasi dan reposisi pendidikan nasional.

Visi reformasi pendidikan menuju terciptanya masyarakat madani Indonesia merupakan gagasan yang perlu diimplementasikan secara serius. Ini harus disadari oleh seluruh lapisan mayarakat Indonesia. Kebijakan pemerintah dalam memperbarui visi pendidikan dan SDM pada hakikatnya adalah terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang sesuai dengan amanat proklamasi kemerdekaan 1945 yang bertekad untuk mewujudkan masyarakat madani Indonesia sebagai suatu masyarakat pancasialis yang memiliki cita-cita dan harapan masa depan, demokratis dan beradab, menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, berakhlak mulia, tertib dan sadar hukum, kooperatif dan kompetitif, serta memiliki kesadaran dan solidaritas antar generasi dan antar bangsa.

Sayangnya, pelaksanaan visi tersebut tidak semulus sebagaimana yang dibayangkan ketika kita melihat kenyataan sekarang di mana konstalasi budaya global tidak dapat terbendung lagi, persaingan ekonomi antar bangsa semakin ketat, dan tuntutan kualitas SDM yang memadai dalam menghadapi perkembangan zaman. Kalau sejak awal pendidikan diyakini sebagai media strategis dan taktis dalam mengawali bangsa dalam menghadapi percaturan di era globalisasi maka dunia pendidikan meniscayakan adanya sebuah rekonstruksi pemikiran pendidikan.

Sumber:www.kompasiana.com 11 September 2012

47 Comments

  1. Buatlah komentar tentang artikel “Rekonstruksi Pemikiran: Sebuah Catatan Pembuka Menuju Pendidikan Transformatif” dengan format sebagai berikut:

    Nama:(Sesuai nama di absensi)
    No. Induk Siswa:(Sesuai NIS masing2)
    Kelas:(XI)
    Program Keahlian:(Keperawatan/Farmasi/Analis Kesehatan)
    Asal Sekolah:(SMK Kesehatan Surabaya)
    Website: (Sesuai nama blog masing2)

    (Komentar yang dituliskan)

    Keterangan: Bagi komentar yang belum disetujui berarti tugas belum memenuhi syarat.

    • Nama: Fatichatun Nisa’
      No. Induk Siswa:083/006.079
      Kelas:XI
      Program Keahlian: Farmasi
      Asal Sekolah: SMK Kesehatan Surabaya
      Website: fatichatunnisa.blogspot.com

      perubahan yang terjadi di seluruh negara berkembang pesat dengan kecanggihan teknologi sebagai kebutuhan hidup manusia sehari-hari. awalnya semua manusia hidup berdasarkan keadaan masing-masing yang di laluinya selama ini, akan tetapi munculnya teknologi yang dapat membantu kehidupan manusia ini semakin termudahkan dari segala pekerjaannya, maka dari itu semua manusia ingin hidup menjadi lebih mudah dari sebelumnya. pemikiran yang seperti itu justru akan merusak masa depan, karena “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” itulah yang harus tertanamkan pada diri seseorang. tidak ada kesuksesan sebelum adanya pengorbanan, begitu pula yang telah di buktikan pada Indonesia merdeka.
      jika kesuksesan akan terjadi tanpa pengorbanan maka itu bukanlah suatu kemenangan, melainkan suatu keberuntungan yang takkan abadi.

  2. Nama: Wiwik Hidayatun Nadhifah
    No. Induk Siswa: 077/077.076
    Kelas: XI
    Program Keahlian: Keperawatan
    Asal Sekolah: SMK Kesehatan Surabaya
    Website: wiwikhidayatun.blogspot.com

    Pada kenyataannya pendidikan di Indonesia tidak berjalan mulus karena masih banyaknya warga yang tidak mampu untuk mengenyam pendidikan meskipun telah ada Dana Bantuan Operasional Sekolah. Contohnya banyak orang yang tidak mampu, tidak bisa mengenyam bangku sekolah meskipun, mereka hanya mampu sekolah sampai SD dan itu tidak mereka lanjutkan ke SMP karena tidak memiliki biaya. Padahal mereka menginginkan untuk melanjutkan pendidikan, tapi itu semua hanya impian saja karena mereka tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan saya bersyukur masih bisa mengenyam pendidikan sampai sekarang.

    • Nama : Obed Putra Sukaton
      No. Induk Siswa : 065/065.076
      Kelas : XI
      Program Keahlian : Keperawatan
      Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
      Website : obedputraquotes.blogspot.com

      Di zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang, jarang membuat orang untuk mau berfikir. Karena mereka hanya mau semuanya dengan cepat dan instant, sehingga malas untuk menggunakan pemikiran mereka, padahal dengan berpikir kita dapat mendapat ide-ide baru, dan hal-hal yang positif. Harapan saya semoga bangsa indonesia ini mampu memanfaatkan teknologi yang ada secara positif sehingga bangsa indonesia bisa lebih baik dari yang kemarin.

  3. Nama : Dwi Kurniawan
    No. Induk Siswa : 052/052.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK KESEHATAN SURABAYA
    Website : dwiikurniawan.blogspot.com

    Pada kenyataannya warga indonesia saat ini telah terpengaruhi oleh kemajuan teknologi atau sering kita sebut globalisasi, contohnya di dalam budaya indonesia , yang dahulu banya anak muda yang suka dengan kain batik ciptaan indonesia tetapi sekarang lebih cenderung meniru budaya barat .. contoh ke dua di dalam pelajaran ,, anak-anak dahulu mecari tugas dengan sumber dari buku dan lain-lain dan sekarang anak-anak menggambil dari internet dan tinggal copas .. padahal dengan kita berfikir maka kita dapat meningkatkan kerja otak kita secara optimal dan berfungsi .. terima kasih

  4. Nama:Agung Mulyo Suwito
    No.Induk Siswa:045/045.076
    Kelas:XI
    Program Keahlian:Keperawatan
    Asal Sekolah:SMK Kesehatan Surabaya
    Website:http://agung-mulyosuwito.blogspot.com/

    pada hakekatnya negara kita adalah negara yang berkembang namun masyarakat indonesia tidak memanfaatkan SDM , yang kaya hasil buminya . Tapi kenyataannya masyarakat indonesia inginnya selalu instan . Apalagi sekarang adanya era globalisasi dimana era globalilasi ini membuat orang menjadi malas dan malah banyak pengangguran di bumi ini munculnya hp , laptop , dan teknologi yang canggih lainnya. Sehinnga pendidikan sekarang tidak maju dikarenakan adanya era globalisasi yang membuat warga indonesia tidak mau berkreativitas dan memunculkan ide-ide yang baru .
    saran saya adalah lawan sebuah kemalasan karena kemalasan akan membuat anda hancur , berfikirlah positif dan katakan anda bisa untuk memulai ide baru anda.

  5. Nama : Fajar Nur Oktavianingtias
    No. Induk Siswa : 055/055.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : fajarnuroktavia.blogspot.com

    Pendidikan di Indonesia harus lebih di tingkatkan karena pendidikan itu penting bagi warga Indonesia. tanpa adanya pendidikan di indonesia maka negara indonesia tidak akan maju karena banyak warga yang jadi pengangguran akibat rendahnya jenjang pendidikan di indonesia. jadi kesimpulan dari kata-kata ini adalah “jenjang pendidikan sangat penting untuk bekal kita mencari kerja nantinya.”

  6. Nama : Harum Marchella
    No.Induk Siswa :058/058.076
    Kelas :XI
    Program Keahlian :Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : Marchella-harum.blogspot.com

    Pendidikan sangat diperlukan untuk menentukan kehidupan seseorang dalam masa yang akan datang.Tetapi dalam proses pendidikan saat ini tentu saja akan banyak hambatan yang terjadi baik dari faktor internal maupun eksternal.Seiring dengan proses globalisasi yang semakin canggih ini di harapkan kalangan pelajar mampu menyaring arus globalisasi dengan baik.
    Indonesia sering dikatakan sebagai negara yang memiliki banyak kekayaan alam.Tetapi pada kenyataannya penduduk Indonesia hampir sebagian besar menjadi seorang pengangguran yang akan berdampak pada status ekonomi.
    Oleh karena itu, pendidikan merupakan faktor yang sangat penting untuk menentukan kemajuan suatu bangsa.
    Pendidikan di Indonesia sering dikatakan rendah karena minimnya budi pekerti dan karakter masyarakat Indonesia.
    Harapan saya untuk pendidikan di Indonesia kedepannya ialah:Pemerataan pendidikan di seluruh daerah(menyeluruh),menyeimbangkan pendidikan intelektual dan karakter agar masyarakat Indonesia mempunyai perilaku yang sesuai dengan norma yang ada.

  7. Nama:Rintis Kurniawan
    No. Induk Siswa : 068/068.076
    Kelas:XI
    Program Keahlian:Keperawatan
    Asal Sekolah:SMK Kesehatan Surabaya
    Website:rintiskurnia.blogspot.com

    Pada dasarnya pendidikan di Indonesia tidak sangatlah banyak yang sudah memenuhi standart. Seperti halnya pendidikan di luar pulau, pendidikan disana sangatlah kurang memadai karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut
    1. Keterbatasan SDM
    2. Kurangnya fasilitas untuk belajar, dll
    Maka dari itu pendidikan di Indonesia haruslah bisa memenuhi standart agar bisa menjadi penerus bangsa yang baik di kemudian hari. Oleh karena itu visi reformasi pendidikan untuk menuju terciptanya masyarakat madani Indonesia haruslah di implementasikan secara serius.

  8. Nama : Anik Maslukhiyah
    No.Induk Siswa : 047/047.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : anikbhawel.blogspot.com

    Semua orang sekarang tidak menampilkan sebuah ide bagus untuk membuat inspirasi kreatif . di karenakan banyak teknologi yang semakin canggih sehingga masyarakat indonesia sekarang mengikuti masa modern dimana masyarakat indonesia meniru budaya barat . padahal budaya indonesia sangat besar.
    pendidikan pun sekarang tidak meningkat karena masa sekarang selalu instant tapi ada 1 harapan saya : kembangkan lah ide kreatif anda🙂

    • Nama : Mariza Tris Saputri
      N0.induk siswa : 063/063.076
      kelas : XI
      program keahlian :Keperawatan
      Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
      Website : marizzatris.blogspot.com

      kita sebagai pelajar meskipun banyak teknologi yang canggih atau modern saat ini yang beberapa sudah kita ketahui sebagaimana untuk mengakses tugas-tugas pendidikan , jangan sampai kita buat teknologi itu menjadi yang tidak bermanfaat , misalnya untuk mengakses pornografi atau yang lainnya . jangan sampai kita dibodohi oleh orang barat . meskipun sekarang Indonesia sudah merdeka sejak tahun 1945, tetapi diam-diam kita juga dibodohi oleh orang barat. kita semua sebagai penerus bangsa , jadikanlah bangsa Indonesia ini menjadi yang lebih baik dari yang sebelumnya … SEMANGAT !!!!

    • Nama : Erick Nofrian
      No. Induk siswa : 082/005.079
      Kelas : XI
      Program Keahlian : Farmasi
      Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
      Website : http://valerickoctarian.blogspot.com/

      Kebanyakkan orang tidak selektif dan menyalahgunakan teknologi di era globalisasi ini secara negatif. Padahal banyak sekali dampak positif yang mampu menjadikan bangsa kita (INDONESIA) mampu bersaing dengan bangsa-bangsa maju karena teknologi .
      Seperti contohnya penemuan baru seorang siswa SMP negeri di Bandung yang telah membuat anti virus lokal indonesia dan mampu mendeteksi beberapa virus dalam PC atau laptop .Hal itu merupakan suatu kebanggaan besar bagi bangsa.Akankah kita sebagai penerus dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional ataukah kita hanya merusak jati diri kita karena kurang selektifnya kita dalam menyikapi globalisasi di bidang teknologi, .
      Intinya kembali ke diri kita sendiri,jangan salahkan bangsa yang telah membatasi kita .Tapi berfikirlah bagaimana cara kita bisa memanfaatkan batasan itu sebagai suatu hal yang dapat memunculkan inspirasi dalam mewujudkan INDONESIA yang pancasialis ( memiliki cita-cita dan harapan masa depan, demokratis dan BERADAB, menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, berakhlak mulia, tertib dan SADAR HUKUM, KOOPERATIF dan KOMPETITIF, memiliki kesadaran dan SOLIDARITAS antar GENERASI dan antar BANGSA.)

  9. Nama:Fitria Rochmawati Nuur C
    No. Induk Siswa : 057/057.076
    Kelas:XI
    Program Keahlian:Keperawatan
    Asal Sekolah:SMK Kesehatan Surabaya
    Website:fitryarahmawati.blogspot.com

    Pada saat ini perkembangan teknologi dan sarana pendidikan di Indonesia sangat berkembang pesat, namun banyak juga masyarakat Indonesia yang mengalami kekurangan SDM sehingga tidak dapat memenuhi sarana pendidikan secara maksimal. Padahal sarana pendidikan haruslah di capai secara maksimal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu masyarakat Indonesia harus berusaha untuk mencapai SDM yang telah di sediakan oleh pemerintah.

  10. Nama : Ninktyas Putri Rhamadhani
    No. Induk siswa : 064/064.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : ninktyas.blogspot.com

    Pada intinya maksud di atas adalah pendidikan di negara kita jaman sekarang tidak begitu maju seperti negara lain , banyak anak – anak sekolah yang sudah terpengaruh dengan era globalisasi yang telah terjadi saat ini . dimana hidupnya hanya di buat secara instant , padahal banyak ide yang dia dapat dari belajar apalagi sekarang munculnya teknologi baru canggih seperti : laptop , blackberry , tablet dll . yang membuat mereka mudah mengakses jaringan yang di langgar oleh hukum serta menyalahgunakan nya .
    harapan saya wujudkan lah pendidikan terlebih dahulu dengan sebuah motivasi dan ide kreatif lainnya tanpa meniru gaya hidup orang barat😛

  11. Nama: Aulia Karisma Yanti
    No. Induk Siswa: 050/050/076
    Kelas: XI
    Program Keahlian: Keperawatan
    Asal Sekolah: SMK Kesehatan Surabaya
    Website: aulia-karisma.blogspot.com

    Pendidikan yang ada di Indonesia masih belum optimal adanya dana BOS itupun masih belum bisa mengatasi masalah pendidikan yang ada di Negara ini. Keterbatasan SDM juga menghambat proses berjalannya pendidikan itu sendiri. Kemajuan teknologi juga sudah merambat ke Negara Indonesia ini, tapi adanya kemajuan ini juga tidak membuat Indonesia kalah dengan negara lain. Tetapi di Indonesia sendiri tidak memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan hal-hal yang positif, tetapi memanfaatkannya dengan hal yang negatif seperti situs-situs pornografi dll.

  12. Nama: Havid Rois
    No. Induk Siswa: 085/008.079
    Kelas: XI
    Program Keahlian: Farmasi
    Asal Sekolah: SMK Kesehatan Surabaya
    Website: havidrois.blogspot.com

    Menurut saya, pendidikan sekarang dengan yang dulu sangat berbeda dan salah satu penyebab itu semua dikarenakan era globalisasi di Indonesia maupun di dunia yang berkembang sangat pesat. Dalam pendidikan dulu belum ada teknologi modern, seperti adanya komputer atau laptop. Yang sekarang banyak anak-anak muda maupun tua yang menggunakannya, karena dengan adanya pengaruh globalisasi tsb.
    Dan kesimpulanya adalah itu semua dikarenakan pada zaman yang serba canggih ini semua orang lebih mudah untuk menggerjakan sesuatu & banyak orang-orang yang malas untuk berfikir yang mereka inginkan serba instan🙂

  13. Nama : Tris Ragil W.
    No. Induk Siswa : 074/074.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : trisragilwahyulianingsih.blogspot.com

    di indonesia sudah banyak sekali generasi muda yang putus sekolah di karenakan masalah ekonomi. tetapi pemerintah telah memberikan sebuah program BOS selama 9th. kita sebagai generasi muda harus bisa menikmati dan dapat berkreasi dengan sebaik-baiknya agar penerus bangsa bisa menjadi lebih baik. dan kita juga dapat menerima informasi dari teknologi yang berkembang semakin canggih dan kita sebagai generasi muda jangan menyia-nyiakan itu tetapi memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

  14. Nama : Aviqta Larasati
    No. Induk siswa : 051/051.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://aviqta.blogspot.com/

    seperti yang kitasaat ini dinegara kita pendidikan kurang maju seperti negara lain, dampaknya banyak anak-anak di bawah umur yang tidak menuntut ilmu (sekolah), tetapi mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka. banyak anak-anak saat ini pula yang kurang mengetahui pengetahuan pendidikan karena pengaruh era globalisasi, serta banyak pula dari mereka yang menyalahgunakan teknologi untuk mengakses dan menyebarkan artikel artikel yang sangat tidak ada manfaatnya. jadi saran saya sebaiknya untuk pengguna teknologi massa harus menggunakan layanan ini untuk hal-hal yang positif.😀

  15. Nama : Astika Rahmawati
    No.Induk siswa : 049/049.076
    Kelas : IX
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    website : astikarahmawati.blogspot.com

    Di era globalisasi ini, masyarakat tidak memanfaatkan kemajuan teknologi ini secara maksimal.Jadi kita sebagai pelajar harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin agar semua perubahan-perubahan dalam kontek apapun dapat kita ambil pelajaran yang positifnya saja dan memanfaatkan perubahan tersebut. dan satu masalah yang menghambat kita untuk memanfaatkan kemajuan teknologi pada zaman sekarang, yaitu keterbatasan masyarakat Indonesia dlm mengelola SDM yang ada dan juga keterbatasan ekonomi yang tidak sesuai dengan perkembangan teknologi untuk memajukan sistem pendidikan di negara ini, dan sehingga visi dari reformasi pendidikan tidak dapat tercapai.
    Saya berharap visi tersebut dapat tercapai dan dapan di implementasikan secara serius.

  16. Nama: Ekkik Andita
    No. Induk Siswa : 054/054.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website: pohonkecilku.blogspot.com

    Pendidikan di Indonesia ini harus lebih di tingkatkan dan di majukan, supaya masyarakat Indonesia lebih mengerti tentang pentingnya pendidikan. Karena apabila masyarakat Indonesia tidak mengerti pendidikan mereka akan kurang pengetahuan. Sehingga Negara Indonesia ini akan kembali seperti dahulu yang diremehkan oleh negara lain.

  17. Nama: Venny Dwi Putri
    No. Induk Siswa: 076/076.076
    Kelas: XI
    Program Keahlian: Keperawatan
    Asal Sekolah: SMK Kesehatan Surabaya
    Website: venny-dwiputri.blogspot.com

    Seharusnya pemerintah memiliki mainset yang tetap dan selanjutnya melaksanakan misi sesuai visi tersebut. Dalam artikel memang visi pemerintah tidak terlaksana dan bisa berdampak juga pada keadaan atau keadaan yang bisa mempengaruhinya. Telah dibahas juga di awal pada pendidikan, seharusnya pendidikan kewarganegaraan di sekolah sekolah lebih ditegakkan lagi agar memiliki SDM yang berkualitas, mampu bersaing dan bisa membenahi keadaan ekonomi di Indonesia di era globalisasi yang semakin maju ini.

  18. Nama : A’an Dwi Malinda
    No. Induk siswa : 043/043.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : aandwimalinda.blogspot.com

    menurut saya , sebenarnya saya yakin pemerintah dan menteri pendidikan sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik dan semaksimal mungkin mengenai pendidikan yang ada di Indonesia. tapi mungkin ini soal masyarakat Indonesia itu sendiri. masyarakat kita cenderung memiliki pemikiran yang tidak luas, dalam arti mereka tidak mau berpikir panjang dan mungkin lebih terkesan malas untuk berfikir. padahal sebenarnya, jika kita mau merubah kebiasaan buruk ini, tak menutup kemungkinan akan ada perubahan yang akan lebih baik nantinya untuk masa depan yang akan datang.
    jadi, mulailah dengan kebiasaan yang baik karna dari situ adalah awal mula sebuah perubahan😉 thingg !

  19. Nama : Indah Purwati Ningsih
    No. Induk Siswa : 087/010.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Farmasi
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : indahpurwati-ningsih.blogspot.com

    Pendidikan di negara Indonesia saat ini sangat jauh berbeda dengan pendidikan yang ada di Indonesia pada zaman dahulu sebelum adanya perkembangan era globalisasi dan belum adanya sistus internet, Pelajar pada zaman sekarang hampir semuanya banyak yang pandai dan ahli menggunakan IPTEK dengan mudah. dampak negatif dari kecanggihan mereka menggunakan situs jejaring tersebut adalah mereka sangat acuh pada proses pembelajaran di sekolah dengan apa yang diberikan oleh para pengajar karena bagi mereka, semua telah ada dan tersedia di situs internet. satu contoh pemberian tugas pada pelajar saat ini dan dahulu yaitu: jika pelajar sekarang sangat malas untuk belajar melalui membaca buku, mereka lebih memilih copy-paste melalui internet karena mereka anggap dengan cara itulah lebih cepat di banding harus membaca buku. pada kenyataanya dengan membaca kita dapat mengasah daya kerja pikir seseorang secara optimal dan berfungsi dengan seimbang antara otak kanan dan kiri.

  20. Nama : Erick Nofrian
    No. Induk siswa : 082/005.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://valerickoctarian.blogspot.com/

    Kebanyakkan orang tidak selektif dan menyalahgunakan teknologi di era globalisasi ini secara negatif. Padahal banyak sekali dampak positif yang mampu menjadikan bangsa kita (INDONESIA) mampu bersaing dengan bangsa-bangsa maju karena teknologi .

    Seperti contohnya penemuan baru seorang siswa SMP negeri di Bandung yang telah membuat anti virus lokal indonesia dan mampu mendeteksi beberapa virus dalam PC atau laptop .Hal itu merupakan suatu kebanggaan besar bagi bangsa.Akankah kita sebagai penerus dapat mengharumkan nama bangsa di dunia internasional ataukah kita hanya merusak jati diri kita karena kurang selektifnya kita dalam menyikapi globalisasi di bidang teknologi, .

    Intinya kembali ke diri kita sendiri,jangan salahkan bangsa yang telah membatasi kita .Tapi berfikirlah bagaimana cara kita bisa memanfaatkan batasan itu sebagai suatu hal yang dapat memunculkan inspirasi dalam mewujudkan INDONESIA yang pancasialis ( memiliki cita-cita dan harapan masa depan, demokratis dan BERADAB, menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, berakhlak mulia, tertib dan SADAR HUKUM, KOOPERATIF dan KOMPETITIF, memiliki kesadaran dan SOLIDARITAS antar GENERASI dan antar BANGSA.)

  21. Nama : Rika Yuli Ana Wati
    No. Induk Siswa : 067/067.076
    Kelas : XI
    Progam Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : rikayaw.blogspot.com

    Pada dasarnya bangsa Indonesia lemah dan tidak mau berfikir secara logis. Sehingga bangsa Indonesia mudah terpengaruh dan tidak mampu membendung masuknya paham, sehingga orang Indonesia mampu dibodohi oleh orang asing dan hampir semua aset atau perusahaan di kuasai oleh orang asing dan akhirnya orang Indonesia hanya dijadikan pegawai di negaranya sendiri

  22. Nama : Umy Rufaida
    No. Induk siswa : 075/075.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : umyrufaida.blogspot.com

    Di era globalisasi sekarang pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan cara yang tepat untuk mengendalikan arus globalisasi yang ada. Tapi kenyataannya pendidikan di era globalisasi sekarang lebih disalah gunakan oleh adanya arus globalisasi, seperti maraknya trafficking di sebagian sekolah merupakan hal yang wajar padahal hal tersebut tidak sesuai dengan norma-norma yang ada di Indonesia. Maka, pemerintah perlu bertindak tegas dengan hal tersebut. Sebagai bangsa yang baik, tidak mau kan jika generasi muda penerus bangsa kita dirusak dengan adanya dampak negatif dari globalisasi?
    Maka dari itu, kita harus lebih hati-hati dan menjaga diri di era globalisasi yang sedang kita hadapi sekarang.

  23. Nama: Sofiatul M
    No. Induk Siswa : 072/072.076
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website: zophiekoplo.blogspot.com

    pendidikan di indonesia kurang memadai di karenakan fasilitas yang di berikan oleh pemerintah masih kurang pemerintah hanya lebih mementingkan globalisasi yang sekarang sedang berkembang di indonesia. dengan adanya globallisasi yang berkembang di indonesia tanpa adanya penyaringan terhadap masuknya globalisasi tersebut pendidikan di indonesia semakin terbengkalai apa lagi di daerah pelosok ,pendidikan yang ada di daerah pelosok kurang perhatian dari pemerintah

  24. Nama: Aldi Wisnu Fadillah
    No. induk siswa: 046/046.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: tantydy.blogspot.com

    Pada kenyataannya sekarang, Indonesia itu sudah sangat terpengaruh oleh budaya “Instant” yang sudah di tanamkan oleh budaya asing. Contoh sepele yang ada di sekitar kita adalah: dulu orang yang ingin mengucapkan selamat idul fitri, harus menggunakan kartu lebaran dan mereka harus ke kantor pos agar kartu tersebut sampai tujuan. Tetapi sekarang tanpa harus ke kantor pos saja kita sudah bisa mengucapkan selamat idul fitri menggunakan sms, bbm, facebook dll. Kemudian contoh selanjutnya: orang-orang yang bersekolah di sekolah di perkotaan sekarang menggunakan metode Laptop, proyektor, fasilitas lengkap dll. Sedangkan orang yang bersekolah yang di pelosok desa, mereka harus rela menyebrang sungai ber-arus deras guna mengenyam pendidikan yang fasilitasnya kurang memadai. Sebenarnya pemerintah harus memperharikan orang-orang yang berada di pelosok. Jangan Cuma yang di kota saja. Mereka yang di polosok desa pun juga harus di perhatikan. Dana BOS (Bantuan Oprasional Sekolah) pun saja tidak cukup bagi mereka yang bersekolah di sana. Apalagi sekarang banyak sekolah yang rusak dan banyak juga anak-anak yang putus sekolah yang hanya gara-gara pendidikan yang kurang di perhatikan oleh Pemerintah. Sebenarnya sekarang pemerintah memiliki PR yang dari dulu belum di selesaikan yaitu harus lebih intensif berfikir untuk bagaimana bisa memajukan sekolah yang di plosok-plosok desa dan anak-anak yang putus pendidikan. Apalagi banyak siswa yang ber-prestasi kebanyakan berasal dari pelosok desa dan dari golongan orang yang tidak mampu.

  25. Nama : Hisyam Al Haris
    No. Induk siswa : 086/009.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://hisyamalharis.blogspot.com/

    menurut saya perkembangan globalisasi di indonesia makin modern /canggih.tapi masih banyak kemajuan itu disalah gunakan dengan tidak selektif dalam menggunakannya.saya harap bangsa Indonesia bisa maju atas para generasinya serta peran penerusnya kelak esok nanti dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini.

    intinya selektif lah dalam menggunakan perkembangan teknologi globalisasi di indonesia. LANJUTKAN PERJUANGAN PARA PEJUANG ,KAWAN !!!
    “HARUMKAN NAMA BANGSA”

  26. Nama: Agnes Risnanda Putri
    No. induk siswa: 078/001.079
    Kelas : XI
    Program keahlian: Farmasi
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: agnesriputri.blogspot.com

    Masalah itu sebenarnya bisa diatasi jika semua orang yang ada di Indonesia lebih mengerti dan sadar apa yang telah terjadi pada negaranya dan berusaha untuk memajukan dalam arti lebih mau berusaha agar tidak dikalahkan dengan negara lain yang bidang ekonomi dan pendidikannya lebih maju.
    Tapi sayang warga Indonesia lebih banyak yang egois dan sulit untuk diajak bersatu untuk melakukan hal positif🙂

  27. Nama : Dika Aprilia
    No. Induk siswa : 081/004.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://dicbaaprilia.blogspot.com/

    Karena pada era globalisasi saat ini memang berdampak sangat besar terhadap kehidupan sosial dan budaya barat dan pendidikan di negara indonesia zaman sekarang kurangmaju. dan siswapelajar zaman sekarang banyak yang tidak bisamelanjutkan sekolahnya karena sudah terpengaruh dengan temannya yang tidak benar. Apalagi sudah ada teknologi canggih dan membuat siswa pelajar mudah mengakses jaringan internet pada saat jam pelajaran serta banyak yang menyalahgunakkannya.

  28. Nama: Rizkya Dewi Safitri
    No. induk siswa: 069/069.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: vivirizkya.blogspot.com

    Masyarakat di negara Indonesia saat ini sangatlah kurang baik karena pengaruh era globalisasi yang selalu serba instan dalam hal apapun. Apalagi sekarang teknologi pun semakin canggih maka mereka semua dapat cepat mengakses apapun yang mereka inginkan tetapi banyak juga masyarakat Indonesia saat ini yang menyalagunakannya dalam hal-hal yang negatif. Apalagi masyarakat yang kurang pendidikan mereka pun mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal negatif dan teknologi saat ini

  29. Nama : Efa yuniati
    No. induk siswa : 053/053.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: Efayuniati.blogspot.com

    Pada saat ini pendidikan sudah tidak asing lagi bagi kalangan anak-anak maupun remaja.
    Pada dasarnya anak-anak mempunyai keinginan menyelesaikan pendidikannya ke lebih tinggi lagi akan tetapi,anak-anak Indonesia saat ini justru menggantikan orang tuanya untuk mencari nafkah sendiri dan meninggalkan pendidikannya.
    Banyak anak-anak saat ini kuarang pengetahuan tentang pendidikannya demi mencari nafkah serta banyak pula mereka yang menyalahgunakan tekhnologi di sembarang tempat untuk membuka situs-situs yang tercela karena pengaruh globalisasi.

  30. Nama : Loveliyah permata d.m.s
    No. induk siswa : 062/062.076
    Kelas : XI
    Progam Keahlian : Keperawatan
    Asal Sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : lovel-permata.blogspot.com

    Pada saat ini kemajuan teknologi yang semakin canggih telah membuat banyak negara untuk tidak mampu menampung masuknya teknologi yang semakin canggih. karena kini banyak yang selalu ingin memenangkan persaingan. apalagi zaman sekarang ini yang menjadi persaingan ketat adalah persoalan ekonomi dan iptek, sehingga pendidikan akan berperan penting dalam mewujudkan suatu bangsa.

  31. Nama : Novita Setyorini
    No. Induk siswa : 089/012.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://novita-setyorini.blogspot.com/

    Pada zaman yang semakin maju dan berkembang pendidikan memang sangat penting.Tetapi kebanyakan anak zaman sekarang banyak yang tidak jujur, tidak dengan pikirannya sendiri, melainkan dengan cara teknologi-teknologi, mencotek, ataupun sebagainya. Jadi sekarang jarang mencari anak-anak yang pandai dengan pemikirannya sendiri.
    Globalisasi suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, berkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang meliputi batas negara.

  32. Nama : Sarmita Sari
    No. induk siswa : 070/070.076
    Kelas : XI
    Program keahlian : Keperawatan
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : sarmita-sari.blogspot.com

    dengan adanya kemajuan alat teknologi komunikasi di era globalisasi ini telah memberi kemudahan masyarakat indonesia khususnya guna mempermudah mencari informasi terutama masalah – masalah pendidikan.

  33. Nama : Hardyah Fajarani
    No. Induk siswa : 084/007.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://hardyah-fajarani.blogspot.com/

    Sebenarnya dengan adanya globalisasi ada dampak negatif dan dampak positifnya. Dilihat dari segipositifnya akan menguntungkan bagi perkembangan Indonesia. Negatifnya, adanya orang-orang yang menyalahgunakan perkembangan dunia ini. Sehingga kita harus pintar-pintar dalam memilih, mana hal yang positif dan negatif.

  34. Nama: SITI MURDANINGRUM
    No. induk siswa: 071/071.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: ningrum-neneng.blogspot.com

    Internet memberikan manfaat yang begitu besar tetapi di lain itu internet menjadi suatu media informasi yang tidak mudah untuk di batasi. berbagai macam informasi dalam berbagai bentuk dan tujuan bercampur menjadi satu di mana untuk mengaksesnya hanya perlu satu sentuhan jari saja.Banyak situs” web yang dsalah gunakan oleh orang contoh nya di gunakan untuk Pornografi, penipuan,perjudian dll, jikalau internet hanya digunakan orang dwasa itu tidak bermasalh tetapi sekrng digunkn /dilihat anak” yg belum sewajarnya patut melihatnya anak SD sudah mengetahui situs” yg tdk wajar. Kenapa situs web yg tidak wajar masih bsa di akses padahal tuh menentukan masa depan bangsa indonesia?.. “Internet adalah motor penggerak dalam perubahan dari media massa”

  35. Nama: istiqomah
    No. induk siswa: 060/060.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: http://istiqomah-aiz.blogspot.com/

    Pendidikan masyarakat saat ini mengalami penurunan karena pengaruh era globalisasi yang masuk dinegara kita,banyak masyarakat saat ini yang menggangap pendidikan menjadi hal yang sepele buatnya.Pemerintah di Indonesia lebih mementingkan arus globalisasi yang semakin marak saat ini.Dalam proses globalisasi yang semakin marak ini di harapkan masyarakat Indonesia mampu menyaring globalisasi dengan baik.Globalisasi yang semakin canggih ini dapat berdampak buruk bagi pendidikan dan karakter kalangan pelajar di Indonesia.

  36. Nama : Alfiatun Nikmah
    No. Induk siswa : 079/002.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://viaalfia.blogspot.com/

    Era globalisasi zaman sekarang sangatlah canggih. Segala informasi mudah untuk di dapat, semua kecanggihan teknologi yang sangat mudah untuk di pelajari membuat semua orang menjadi malas untuk berfikir karena adanya teknologi yang dapat di gunakan untuk memperoleh informasi yang ingin di dapat. Dari situlah sebagian besar pelajar jarang menggunakan kreativitasnya sendiri. Dari situlah pelajar sekarang lebih banyak menggunakan cara praktis dibanding membuat karya sendiri

  37. Nama: Atika Juwita P.
    No. induk siswa: 078/078.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah :SMK Kesehatan Surabaya
    Website: http://atikajuwita2.blogspot.com/

    Masyarakat indonesia kurang mengerti tentang penting,nya pendidikan sehingga masyarakat indonesia tidak mementingkan pendidikan
    Padahal rakyat kita sangat memerlukan sebab apa bilA tidak ada pendidikan maka masyarakat indonesia akan menjadi masyarakat yang tidak mengerti dunia politik dan masyarakat indonesia akan kembali seperti dahulu di mana masyarakat indonesia di tindas dan di perbudak oleh Negara tetangga
    PastinyA masyarakat indonesia tidak menginginkan hal tersebut terulang kembali
    Maka dari itu cara untuk mencegah dari hal tersebut setidaknya masyarakat indonesia harus mengerti tentang pendidikan

  38. Nama: Susan Tri Winayu
    No. Induk Siswa: 073/073.076
    Kelas : XI
    Program keahlian: Keperawatan
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website: susantri-winayu.blogspot.com

    proses pendidikan di indonesia masih kurang efektif., tidak seperti di negara-negara lain, mungkin karna masyarakat indonesia kurang di siplinnya.
    Apalagi dengan bertambahnya teknologi yang muncul sangat cangih, tapi sayang banyak yang menggunakan itu untuk mengakses hal-hal yang aneh-aneh yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak bangsa. jadi lebih baik bila situs-situs negatif tersebut di hilangkan dari jaringan internet. agar anak-anak indonesia dapat belajar dengan giat dan memajukan negara indonesia.

  39. Nama : Devi Lina Sari
    No. Induk siswa : 080/003.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://delisadevi.blogspot.com/

    Pendidikan di Indonesia kurang baik karena banyanya orang yang menyalahgunakan perkembangan teknologi. Pemerintah mencoba memperbaiki pendidikan di Indonesia ini tetapi dari pihak masyarakat tidak ada kesadaran diri untuk memajukannya. Seharusnya dengan adanya perkembangan teknologi masyarakat dapat mengambil hal positif untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia seperti pendidikan di negara lain dan hal negatif dari kemajuan teknologi tersebut sebagai pemacu agar pendidikan tidak menjadi seperti hal negatif tersebut sehingga pendidikan di Indonesia dapat lebih baik.🙂

  40. Nama : Nadin Sakinatus Sholichah
    No. Induk siswa : 088/011.079
    Kelas : XI
    Program Keahlian : Farmasi
    Asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    Website : http://nadin-sakinatus.blogspot.com/

    Pelajar jaman sekarang sudah jarang sekali membaca buku, karena tekhnologi jaman sekarang sudah modern dan selalu saja searching di internet, dan itulah yang menjadi para pelajar malas untuk membaca karena selalu copy paste melalui jejaring internet, selain itu pelajar jaman sekarang juga menyalahgunakan adanya tekhnologi yang sangat canggih dengan melihat video-video porno yang muncul secara luas dan sangat mudah dicari. Jadi untuk pelajar jaman sekarang manfaatkan tekhnologi yang canggih ini dengan menggunakannya dengan secara positif tidak dengan secara negative😀

  41. Nama : kingkin pawesti
    no. induk siswa : 061/061.076
    kelas : XI
    program keahlian : keperawatan
    asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    website: http://kingkinpawesti17.blogspot.com/

    Di era globalisasi seperti sekarang ini teknologi informasi dan komunikasi sudah semakin canggih. Kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi. Kemajuan teknologi ini dapat menimbulkan dampak positif dan negatif. Jika kita memanfaatkannya untuk hal-hal positif, kita bisa menjadi lebih maju.

  42. Nama : aprilia nurul katika sari
    no. induk siswa : 048/048.076
    kelas : XI
    program keahlian : keperawatan
    asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    website: http://aprilia-nurul.blogspot.com/

    Pendidikan di INDONESIA saat ini tidak lah berkembang dan maju seperti halnya di negara-negara lain, banyak sekali anak-anak di bawah umur ataupun anak-anak remaja yang putus sekolah bahkan tidak sekolah mereka lebih memilih pekerjaan yang tidak sepadan dengan usia nya. Pemerintah bahkan tidak menghiraukan bagaimana nasib mereka untuk kedepannya ,, seiring berjalannya waktu teknologi di negara ini pun juga semakin maju dan berkembang pesat dan banyak pula masyarakat yang menyalagunakannya dalam hal-hal yang mengarah ke dalam hukum. Serta saat ini pendidikn dan masyarakat indonesia juga terpengaruh dengan masuknya budaya barat atau era globalisasi yang berkembang pesat sehingga mereka hanya ingin melakukan segala sesuatu dengan cara yang instan .
    Saran saya sebaiknya pemerintah lebih memperdulikan pendidikan,masyarakat, serta perkembangan tekologi yng mulai disalah gunakan saat ini karena kemajuan negara kita bergantung dari pola perkembangan masyarakat di negara ini .

  43. Nama : firsya nur ananda
    no. induk siswa : 056/056.076
    kelas : XI
    program keahlian : keperawatan
    asal sekolah : SMK Kesehatan Surabaya
    website: http://firsya-anand.blogspot.com/

    seharusnya generasi indonesia sekarang itu lebih maju drpd yang dulu-dulunya , karena generasi remaja sekarang telah mengenal teknologi meskipun globalisasi melawan generasi sekarang akan tetapi generasi yang sekarang ini bisa memanfaatkannya dengan baik. dan mereka saja yang diluar sana pendidikannya terbatas mampu membuat indonesia sukses . mreka mampu mengenal teknologi dgn cara menggunakan pemikiran mreka yang bulat dlm arti mreka memulai keuletannya secara perlahan lahan , mreka memang mengikuti arus global tapi hanya di ambil manfaatnya untuk menjadikan mreka sukses walaupun yang dulunya di hadang oleh pendidikan rendah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s