5 HUKUM KOMUNIKASI YANG EFEKTIF


Percakapan secara harfiah dilakukan minimal 2 orang atau lebih dalam waktu yang sama. Dalam berkomunikasi dibutuhkan suatu metode yang tepat dalam melakukan pembicaraan. Sebagai langkah awal yang dilakukan diantaranya memahami dari teori komunikasi dan memaplikasikan metode yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Beberapa teori komunikasi sangatlah banyak dibahas di beberapa buku baik dari karangan penulis dalam negeri maupun luar negeri. Dalam hal ini diambilah beberapa rangkuman yang diambil dari beberapa metode yang diambil dengan memberikan ringkasan materi komunikasi yang efektif. Point titik berat yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi diantaranya :

1. RESPECT

Dalam komunikasi terdapat sebuah pengakuan agar orang lain mau untuk mendengarkan apa yang ingin kita sampaikan. Sebagai pribadi yang santun diperlukan juga menghormati setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan. Selain itu kita perlu untuk menghargai percakapan yang disampaikan oleh lawan bicara. Sehingga terjadi keselarasan dan merasa dihargai sehingga orang lain mau mendengar apa  yang disampaikan dengan penuh keseriusan.

2. EMPATHY

Empathy disini merupakan suatu kemampuan untuk menempatkan diri kita pada situasi dan kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Dengan berempati maka, diketemukan perasaan yang sama antara orang yang mengirimkan pesan dengan orang yang menerima pesan. Kemampuan berempati sangatlah penting dalam melakukan komunikasi sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi sejalan dan tidak melawan arus sehingga memiliki dan merasakan hal yang sama. Komunikasi dapat dilakukan dengan mudah dengan melakukan pendekatan empati yang baik.

3. AUDIBLE

Makna dari audible adalah komunikasi yang dilakukan dapat didengar atau dimengerti dengan baik. Hal ini memaksudkan bahwa pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan. Untuk mencapai hasil yang baik dalam penyampaian pesan dapat difasilitasi dengan adanya sebuah media yang membantu keberhasilan komunikasi. Bentuk media atau alat bantu tersebut diantaranya seperti LCD Proyektor, Speaker, OHP, Papan Tulis, dll.

4. CLARITY

Komunikasi yang baik adalah terdapat kejelasan dari pesan yang dikirim sehingga tidak menimbulkan interpretasi atau berbagai penafsiran berbeda. Hasil dari kejelasan dari sebuah komunikasi menghasilkan transparansi dalam sebuah organisasi. Dengan terjadinya sebuah keterbukaan dalam sebuah organisasi menimbulkan sebuah kepercayaan antar person yang terlibat di dalamnya.

5. HUMBLE

Berkomunikasi diperlukan etika rendah hati dalam berucap dan bersikap. Pada penerapan tersebut terdapat beberapa hal atau sikap yang harus ditanamkan dan dilakukan untuk mencapai komunikasi yang efektif diantaranya

a. Melayani

b. Menghargai

c. Mendengar dan menerima kritik

d. Tidak sombong

e. Tidak memandang rendah orang lain

f. Berani mengakui kesalahan

g. Rela memaafkan

h. Lemah lembut

i. Penuh pengendalian diri

j. Mengutamakan kepentingan yang lebih besar.

Demikian ringkasan tentang 5 hukum komunikasi yang efektif yang disajikan dan bersama ini penulis mengajak semua pembaca untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan membantu untuk sesama dan tak kalah pentingnya adalah ” ACTION” yaitu melakukanya dengan bertahap dengan berkuat hati dan tulus ikhlas dalam menjalankanya. Dengan berkarya dengan tulus akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa yang akan diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada umat yang mau memberikan manfaat atas dirinya terhadap orang lain.

created by : Ari Dading Cahyono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s